Friday, November 13, 2009

Twitter 101 (Kenali Fiturnya Lebih Baik Lagi)

Yang terhormat-terkasih-dan-tersayang kawan-kawan, saudara-saudari dan handai-taulan semua yang berada dalam timeline saya, izinkanlah sayamenggunakan kesempatan ini untuk memberikan penyuluhan singkat seputar penggunaan Twitter berikut dengan fitur-fitur yang melengkapinya seperti RT, via, # (hashtag), dan lain sebagainya. Niscaya pada akhir tulisan singkat ini semua menjadi lebih baik dan alurwaktu (timeline) pun berangsur-angsur menjadi maksimal pemanfaatannya.

1. @replies
Fitur ini digunakan untuk membalas (reply) tweet teman anda yang anda follow. Orang lain yang tidak mem-follow anda dan teman anda tidak akan bisa membaca reply ini.


Contoh Kasus: akun twitter saya adalah captainruby. bila saya membalas teman saya seperti berikut



captainruby @henrygerson jo, g baru dapet @nuBmagz, ngambil d starbucks. hehe. cool review on soulnation!



Saya (captainruby) baru saja mereply secara langsung ke teman saya (henrygerson). Maka anda sebagai pihak ketiga hanya akan bisa melihat tweet ini (tweet ini hanya akan muncul di timeline anda) bila anda follow captainruby dan henrygerson.

2. RT (Re-Tweet)
RT atau fitur mengulang-tweet / retweet adalah fitur yang and gunakan jika (dan hanya jika) anda menemukan sebuah tweet (dari seseorang) yang layak dishare dengan followers anda (yang tidak mem-follow seseorang itu).

Contoh Kasus: kembali menggunakan akun saya seperti berikut



captainruby RT @shinta_s "Perasaan mengikuti keputusan (untuk mengampuni, untuk mencintai), its not the other way around" (JR)



Dalam situasi ini saya mengulang-tweet (retweet) teman saya shinta_s dengan anggapan quote'nya cukup berkesan dan ingin saya share dengan follower saya yang tidak follow shinta. Follower saya yang tidak follow shinta pun akan dapat membaca quote yang saya RT.

Kadang dalam RT kita menemukan username teman kita terlalu panjang sehingga kalimat akan erpotong (ya itu ada unsur kesengajaan disana =p) atau tweet itu sudah di-RT beberapa kali sehingga terlalu byk username. Untuk itu lazim bila anda (1) menghapus semua user name kecuali user dimana tweet itu bersumber (2) menyingkat kata" dalam tweet (misal: dengan menjadi dgn, saya menjadi sy, dll).

ATTENTION! Jadi RT itu bukan untuk digunakan setiap kali anda ingin membalas setiap tweet. (kecuali anda tak segan seluruh dunia membaca percakapan anda)

Contoh Kasus (penggunaan RT yang di-abuse / disalahgunakan – harap jangan ditiru):


captainruby yesyes! =) RT @shinta_s HOREE! Makasi cat RT @acallista upahmu besar di surga RT @willydarmawan: @cathprajino bakal traktir nonton astroboy sabtu nanti


3. # (hashtag)
Daripada berulang kali RT setiap tweet, lebih baik gunakan # (hashtag) dan diikuti dgn topic pembicaraan terakhir.

Contoh Kasus:



captainruby @sandyjaya makasih yah udah jauh-jauh beliin ampe ke singapur trus di engrave lagi, sungguh terharu #ipodtouch32gig



4. Favorite


Fitur yang terakhir ini memang kurang terekspos dan belum dimaksimalkan penggunaannya. Saya pribadi suka sekali dengan fitur ini, bahkan menurut saya jauh lebih baik dari RT-ing. Mengapa? Mudah saja, kalau sebuah quote itu cukup menggugah pemikiran saya, saya lebih suka menyimpannya sebagai favorite yang bisa saya kumpulkan dan dengan gampang dapat saya lihat kembali di list favorite saya. Inilah alasan kenapa saya jarang sekali RT, tapi mungkin anda temukan quote anda dalam list favorites saya.


Tampak seperti aturan yang panjang yah? Saya juga merasa begitu awalnya, namun bila diikuti alurnya dengan baik, lebih terasa sebagai sebuah guidance. Twitter bisa menjadi sarana yang sangat baik sesuai dengan konsep awalnya yang hadir sebagai micro-blogging site. Kini memang telah berkembang menjadi social-media site, alhasil banyak mis-use. Kembali kepada anda untuk menyesuaikan dan membuat twitter dan timeline aja menjadi lingkungan yang lebih baik atau tidak. Tidak ada paksaan dan tekanan. Saya hanya merasa teman-teman semua perlu tahu ini. Mari berdayakan 140 karakter kita dengan maksimal.



captainruby posterous people, tersenyumlah. bersinarlah. salam. rubs =)



 


 

No comments:

Post a Comment

Real Time Analytics